Thursday, November 22, 2018

Permenpan RB NO 6/2014, Kisi-Kisi Soal SKB Guru dan Tenaga Kesehatan CPNS 2018


Permenpan RB NO 6/2014, Kisi-Kisi Soal SKB Guru dan Tenaga Kesehatan CPNS 2018

Slemanpos.com - Melalui akun Twitter resminya @BKNgoid Rabu (14/11), BKN membocorkan kisi-kisi soal tes SKB CPNS 2018 yang akan datang tidak jauh dari Permenpan RB No 6/2014 untuk Guru dan Tenaga Kesehatan dalam CPNS tahun 2018. Di dalam tweet tersebut kurang lebihnya begini “Jika deretan kalian yakni Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), maka nanti soal-soal pada tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak jauh dari Permenpan RB, misalnya Permenpan RB 6/2014”. Sebenarnya apa isi dari Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2014 atau Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2014 yaitu berisi perihal Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dan Angka Kreditnya, dan perihal tersebut akan sangat berguna bagi para Calon CPNS Tahun 2018 yang lolos ke tahap berikutnya khususnya Guru dan Tenaga Kesehatan 

Untuk isi dari Permenpan RB NO 6/2014 terdapat 16 BAB, adapun rincian untuk judul didalam tiap BAB-nya yakni sebagai berikut:

  1. Ketentuan Umum
  2. Rumpun Jabatan, Kedudukan, dan Tugas Pokok
  3. Instansi Pembina dan Tugas Intansi Pembina
  4. Jenjang Jabatan dan Pangkat, Golongan Ruang
  5. Unsur, Sub Unsur dan Kegiatan
  6. Rincian Kegiatan dan Unsur yang Dinilai dalam Pemberian Angka Kredit
  7. Penilaian dan Penetapan Angka Kredit
  8. Pejabat yang Berwenang Menetapkan Angka Kredit, Tim Penilai, dan Pejabat yang Mengusulkan Angka Kredit
  9. Pengangkatan dalam Jabatan
  10. Kompetensi
  11. Formasi
  12. Pembebasan Sementara, Pengangkatan Kembali, dan Pemberhentian dari Jabatan
  13. Penurunan Jabatan
  14. Ketentuan Peralihan
  15. Ketentuan Lain-Lain
  16. Ketentuan Penutup.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai isi Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2014 teesebut, silahkan Anda bisa download file-nya DISINI

Sampai dengan hari Rabu (7/11), baru sebanyak 9 persen peserta yang rata-rata mampu melewati Passing Grade dalam tahapan SKD tersebut, padahal formasi yang dibutuhkan oleh tiap-tiap instansi tersebut masih sangat besar. "Saya memang hanya akan bicara data dan fakta. Sampai sekarang kira-kira hanya 9 persenan secara nasional yang lolos passing grade (pada tiap instansi), Yang jelas akan ada rapat Panselnas yang membahas hasil, evaluasi, terhadap hasil SKD yang (lolos) 9 persen ini." ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Mohammad Ridwan seperti dikutip dari Liputan 6 Rabu (13/11).

Ada tiga tes yang harus diselesaikan, yakni Tes Intelegensia Umum (TIU) dengan minimal 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) minimal 73, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)  minimal 143 dan menjadi yang paing sulit untuk para peserta ujian tersebut. Minimnya peserta yang olos di tahap SKD ini akan berimbas dalam tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) selanjutnya. Pasalnya, yang dibutuhkan ke tahapan SKB jumlahnya minimal harus tiga kali dari jumlah formasi yang telah ditetapkan untuk memenuhi syarat dalam seleksi CPNS di tahun 2018 ini.

Bagi yang sudah lolos tes SKD terutama untuk Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan, silahkan mempelajari bahan Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2014. Karena, soal-soal pada ujian SKB tidak akan jauh dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB). Kalau sudah mendapat Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2014 untuk kalian yang formasinya JFT, BKN telah memberikan di twitternya yaitu kisi-kisi soal tes SKB CPNS 2018 yakni PermenpanRB Nomor 6 Tahun 2014.

Berikut ini kisi-kisi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi peserta yang lolos seleksi yang dikutip dari akun Twitter @BKNgoid Rabu (14/11), 

  • Ada dua jenis jabatan atau formasi dalam seleksi CPNS 2018, yakni Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP). Jabatan seperti guru, dokter, apoteker dan lain sebagainya merupakan bagian dari JFT.
  • Untuk Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) biasanya ada Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) yang menaungi. Misalnya, PermenPAN-RB nomor 6 tahun 2014 tentang Pranata Humas dan Angka Kredit. Nah, bagi kamu yang mengincar formasi JFT ini, maka soal-soal di tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), nggak akan jauh-jauh dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) dari formasi yang kalian pilih.
  • Materi mengenai PermenPAN-RB dan tentang Jabatan Fungsional Tertentu bisa diperoleh dari laman menpan.go.id. Para peserta bisa mencari PermenPAN-RB yang sesuai dengan jabatan atau formasi yang dilamar. Materi SKB adalah seputar dua hal tersebut.
  • Bagi peserta yang melamar Jabatan Pelaksana (JP), ada PermenPAN-RB tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana. Dalam peraturan tersebut tercantum deskripsi tugas yang akan dilaksanakan oleh pelamar JP. Materi SKB bagi pelamar JP tidak jauh-jauh dari hal tersebut. Adapun contoh Jabatan Pelaksana adalah Analis Kerja Sama, Analis Akuntabilitas Kinerja dan lain sebagainya.
  • Kisi-kisi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ini berlaku untuk Kementerian atau Lembaga pusat. Selain itu, Seleksi Kompetensi Bidang juga bisa dilakukan dengan wawancara dan kesamaptaan, tergantung dengan pengumuman atau kebijakan dari instansi masing-masing


  Itulah rangkuman tentang Permenpan RB NO 6/2014, Kisi-Kisi Soal SKB Guru dan Tenaga Kesehatan 2018 dari beberapa situs yang telah kami dapatkan, siantaranya dari Twitter, Brilio, Pendidikanalmun, Liputan 6, dan situs lain yang menginspirasi.


EmoticonEmoticon